DESA SIRNOBOYO GELAR DO'A BERSAMA MEMPERINGATI 10 MUHARRAM 1442 H

MB, DA 28 Agustus 2020 23:42:02 WIB

WARTA SIRNOBOYO. Jum’at, 28 Agustus 2020 dalam rangka memperingati 10 Muharram 1442 H dan HUT RI ke-75 Tahun Pemerintah Desa Sirnoboyo menggelar Do’a Bersama yang dilaksanakan di Balai Pertemuan Desa Sirnoboyo.

 

Hari Asyura atau hari ke-10 di Bulan Muharram dalam kalender Islam merupakan hari yang penuh sejarah. Menurut beberapa riwayat disebutkan, banyak peristiwa penting yang dialami para nabi terjadi di hari itu pada masa yang lalu.

Karena itu, umat Islam hendaknya menyambut hari itu dengan banyak mengambil pelajaran yang bermanfaat dari sejarah masa lalu. Salah satunya puasa Asyura atau puasa di hari ke-10 Muharram.

Anjuran untuk berpuasa di hari ke-10 ini karena pahalanya sangat besar dan dapat menghapus dosa-dosa selama satu tahun.

Dari Ibnu Abbas ra. berkata Rasulullah saw. bersabda: “Siapa yang berpuasa pada hari ‘Asyura (10 Muharram) maka Allah SWT akan memberi kepadanya pahala 10.000 malaikat dan sesiapa yang berpuasa pada hari ‘Asyura (10 Muharram) maka akan diberi pahala 10.000 orang berhaji dan berumrah, dan 10.000 pahala orang mati syahid, dan barang siapa yang mengusap kepala anak-anak yatim pada hari tersebut maka Allah SWT akan menaikkan dengan setiap rambut satu derajat. Dan sesiapa yang memberi makan kepada orang yang berbuka puasa pada orang mukmin pada hari ‘Asyura, maka seolah-olah dia memberi makan pada seluruh umat Rasulullah saw. yang berbuka puasa dan mengenyangkan perut mereka.”

Selain di Balai Desa Do’a Bersama juga digelar di seluruh Dusun. Mulai dari Dusun Ngemplak, Dusun Suruhan, Dusun Mendole dan Dusun Krajan.

Doa Bersama ini juga  bertujuan untuk mewujudkan Desa Sirnoboyo Damai, Beriman dan Bertaqwa. Selain itu di masa pandemic Covid-19 ini diharapkan masyarakat aman dan terhindar dari wabah yang ada.

Setelah acara Do’a Bersama di Balai Desa selesai dilanjutkan Sholawatan Nabi oleh “Paguyuban Seni Sholawatan Qothaman Nabi H. Abdul Rohman Sadar Penggalih dari Dusun Suruhan”

 

Komentar atas DESA SIRNOBOYO GELAR DO'A BERSAMA MEMPERINGATI 10 MUHARRAM 1442 H

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Sirnoboyo

tampilkan dalam peta lebih besar