Pemdes Sirnoboyo Optimalkan Potensi Warga Saat Bencana melalui Simulasi Pembuatan Dapur Umum

Afid Burhanuddin 21 Januari 2019 05:39:19 WIB

WARTA SIRNOBOYO. Sabtu, 19 Januari 2018. Antisipasi terjadinya bencana menjadi hal yang dipikirkan oleh Pemerintah Desa Sirnoboyo. Kali ini, persoalan yang dibekali adalah kemampuan penyediaan dapur umur.

Seperti diketahui bersama, makan adalah kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan oleh manusia. Apapun kondisinya, makan tetap dibutuhkan. Oleh karenanya, penyediaan dapur umum menjadi sebuah keniscayaan. Ini menjadi persoalan yang sangat vital saat terjadinya bencana. Apapun jenis bencananya, persoalan makan tetap menjadi hal yang harus dipenuhi.

Sabtu, 19 Januari 2018, Pemdes Sirnoboyo menggelar pelatihan penyediaan dapur umum saat terjadi bencana. Pelatihan ini disampaikan oleh Tim Tagana Pacitan. Bambang Susiatri hadir sebagai pembicara. Sebagai koordinator Tim Tagana Kabupaten Pacitan, Bambang sangat menguasai persoalan ini. Ia memberikan motivasi kepada para peserta bahwa potensi warga dapat dimanfaatkan untuk penyediaan dapur umum.

Tidak hanya materi, warga mendapatkan simulasinya. Mulai simulasi dari penyiapan alat masak, memasak, membungkus, hingga membaginya. Dapur umum perlu untuk dikelola secara baik. Hal ini disebabkan menyangkut persoalan hajat hidup orang banyak. Kebersihan, gizi, dan teknik penyajian perlu untuk disiapkan dengan baik.

Dihadiri tidak kurang 50-an peserta, kegiatan ini berjalan dengan baik. TK Among Putro Ngemplak Sirnoboyo menjadi tempat mereka bersimulasi.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Sirnoboyo bekerjasama dengan Komite Relawan Nusantara, Rumah Zakat, BPBD, Tagana, dan RSUD Pacitan. Hadir sebagai peserta adalah perangkat desa, kepala dusun, karang teruna, PKK, Ketua RT, lembaga pendidikan dan agama, tokoh masyarakat, hingga warga desa. 

Pemdes Sirnoboyo melalui pejabat pelaksana tugas, Tri Widjanarko berharap sinergi ini senantiasa terjadi. Ia berharap ada ilmu yang diperoleh oleh warganya dengan kegiatan ini.

Komentar atas Pemdes Sirnoboyo Optimalkan Potensi Warga Saat Bencana melalui Simulasi Pembuatan Dapur Umum

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Sirnoboyo

tampilkan dalam peta lebih besar