Pemdes Sirnoboyo Gelar Pelatihan Penanganan Pertama Saat Terjadi Bencana

Afid Burhanuddin 21 Januari 2019 05:21:54 WIB

WARTA SIRNOBOYO. Sabtu, 19 Januari 2018. Guna membekali warganya, pemerintah desa Sirnoboyo gelar pelatihan evakuasi dan triagle bencana (19/01/2019). Pelatihan yang diselenggarakan di gedung pertemuan TK Among Putro Sirnoboyo ini ditujukan untuk memberikan pembelajaran kepada warga. Wilayah Sirnoboyo yang berada di zona bencana, menjadi alasan penyelenggaraannya.

Hadir sebagai pembicara, dr. Netty Numaningtyas, Sp. EM. Dokter berkaca mata minus ini memiliki latar belakang keilmuan spesialis emergency. Ia dihadirkan agar mampu memberikan pemahaman terhadap warga terkait dengan pertolongan pertama saat terjadi bencana.

Pertolongan pertama merupkaan hal yang dibutuhkan saat terjadi bencana. Yang paling berpotensi untuk melakukan pertolongan pertama bukanlah petugas medis. Bukan pula tim SAR. Wargalah yang mengambil peran itu. Hal ini disebabkan karena warga berada paling dekat dengan korban bencana. Dan korban tersebut adalah tetangganya sendiri. Ataupun keluarganya sendiri. 

''Bapak dan ibu, jika mau memberikan penolongan kepada korban, pastikan aman dulu. Pastikan kita aman. Jika sudah, baru kita bisa melakukan pertolongan'', jelas Netty.

Paparan yang dihadiri 50-an warga Sirnoboyo ini berlangsung sesuai rencana. Kegiatan paparan ini, kemudian dilanjutkan dengan praktik penanganan bencana sejak dini. Praktik menolong cidera tulang menjadi fokus yang pertama. Dilanjutkan dengan simulasi menolong orang pingsan. Hingga menolong orang yang tenggelam karena banjir.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Sirnoboyo bekerjasama dengan Komite Relawan Nusantara, Rumah Zakat, BPBD, Tagana, dan RSUD Pacitan. Hadir sebagai peserta adalah perangkat desa, kepala dusun, karang teruna, PKK, Ketua RT, lembaga pendidikan dan agama, tokoh masyarakat, hingga warga desa. 

Pemdes Sirnoboyo melalui pejabat pelaksana tugas, Tri Widjanarko berharap sinergi ini senantiasa terjadi. Ia berharap ada ilmu yang diperoleh oleh warganya dengan kegiatan ini. 

Komentar atas Pemdes Sirnoboyo Gelar Pelatihan Penanganan Pertama Saat Terjadi Bencana

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Sirnoboyo

tampilkan dalam peta lebih besar