Memanfaatkan Potensi Lokal, Olahan Hasil Laut Ikan kelong Desa Sirnoboyo

Gusis Widirahayu 03 November 2018 21:37:46 WIB

WARTA SIRNOBOYO | Sabtu, 3 November 2018. Desa nelayan dengan berbagai potensi lokal. Salah satunya adalah olahan hasil laut siap saji yaitu ikan kelong. Makanan siap saji yang nikmat dan lezat. Olahan khas yaitu ikan yang dagingnya digulung-gulung dengan tepung dan digoreng ini sangat cocok dan lezat ketika dimakan dengan berbagai jenis sambal. Salah satu masyarakat kreatif, ibu Nia Sari memanfaatkan potensi lokal untuk meningkatkan ekonomi yang inovatif dengan membuat dan menjual ikan kelong. 2 tahun usaha ini telah populer dikalangan masyarakat penikmat kuliner. Jadi, tidak hanya masyarakat lokal Desa Sirnoboyo saja yang menikmatinya, tapi juga masyarakat luar daerah sangat menyukainya.

Bertempat di Dusun Suruhan Desa Sirnoboyo, pinggir jalan JLS atau Jalur Lintas Selatan. Area ini sangat setrategis dan banyak dikunjungi peminat. Warung ikan kelong buka setiap pukul 10:00 dan tutup sekitar pukul 17:00. Bahkan terkadang dengan pelanggan yang ramai dan berasal dari berbagai daerah, warung ini bisa tutup kurang dari jam 17:00.

Potensi desa nelayan adalah julukan bagi Desa Sirnoboyo. Dengan lokasi yang tidak jauh dari laut, maka tidak salah kalau mayoritas masyarakatnya adalah nelayan. Berbagai hasil laut dari nelayan biasanya dijual di Pasar. Berbeda dengan hal itu, kini olahan hasil laut semakin beraneka ragam. Sehingga desa nelayan menjadi identitas Desa Sirnoboyo dan masyarakat yang berpotensi.

Tertinjau dari wilayah yang berpotensi ini, Makanan siap saji ikan kelong menjadi makanan khas yang juga berpotensi sebagai usaha micro untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Selain itu makanan ikan kelong menjadi khas karena terdapat di area yang mayoritas masyarakatnya adalah nelayan.

Silahkan berkunjung ke Desa Sirnoboyo dan menikmati kuliner khas yang menggugah selera di Desa Nelayan.

 

Komentar atas Memanfaatkan Potensi Lokal, Olahan Hasil Laut Ikan kelong Desa Sirnoboyo

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Sirnoboyo

tampilkan dalam peta lebih besar