Mengintip Produksi Ikan Kelong Goreng "Golek Mulyo" yang Super Gurih

Lukman Rohmani 03 November 2018 14:53:08 WIB

WARTA SIRNOBOYO | Sabtu, 3 Nopember 2018. Bagi masyarakat Pacitan, ikan kelong bukanlah hal yang asing. Beragam olahan berhasil disajikan dari ikan ini. Salah satunya dengan goreng bumbu gurih. Kelezatannya seakan tidak mau lepas dari lidah para penikmatnya.

Adalah Golek Mulyo. Ia merupakan unit usaha micro yang berbasis keluarga. Usaha yang sudah dijalankan secara turun temurun ini konsisten mengolah ikan kelong menjadi panganan yang enak.

Ikan kelong tersebut digoreng dengan tepung tiwul. Ada sensasi gurih. Ada kremesnya. Juga ada legitnya.

Golek Mulyo berlokasi di lingkungan WInongan, RT 5/RW 2 Dusun Suruhan Desa Sirnoboyo, Kabupaten Pacitan. Hanya sekitar 15 menit dari pusat kota Pacitan jika ditempuh menggunakan sepeda motor berkecepatan sedang.

Sudah sejak tahun 1979 usaha ini dijalankan. Perintisnya bernama Ibu Boni. Ia berhasil menemukan resep yang pas untuk pengolahan kelong goreng ini.

Setelah Ibu Boni meninggal dunia, usaha ini dilanjutkan oleh Ibu Harini. Ia adalah anak dari Ibu Boni itu sendiri. Bersama suaminya, Tukiyo, Harini melanjutkan resep andalan keluarga.

Dalam sekali memasak, Harini membutuhkan sekitar 25 kg ikan kelong. Jumlah ikan Kelong yang dimasak, berdasarkan permintaan pembeli dan pasokan ikan Kelong.

"Saya lebih memilih Ikan Kelong karena durinya hanya ditengah (durinya sedikit). Juga kalau dipotong-potong lebih mudah”, ucap Harini saat ditanya alasannya memilih ikan Kelong.

Ia menambahkan, bahan yang digunakan dalam membuat ikan Kelong goreng merupakan warisan orang tuanya, Untuk membuat Kelong goreng, Harini membutuhkan bawang putih, kencur, tumbar, kemiri, dan tepung singkong.

Konsumen ikan Kelong goreng “GOLEK MULYO” berasal dari penduduk lokal di Pacitan. Tapi tak jarang juga peminat dari luar Pacitan.

"Iya, dari luar Pacitan juga ada. Biasanya untuk oleh-oleh. Seperti ke Kalimantan, Sumatera, Jakarta, dan beberapa daerah lainnya", tambah Harini.

Untuk menjaga citarasa dan kepuasan pembeli, Harini memilih bahan baku yang berkualitas. Ia sendiri yang memilih ikan mentahnya. Dan ia sendiri yang membumbuinya.

Ini adalah cara salah satu warga Sirnoboyo untuk mengembangkan potensinya. Berdaya mandiri dan berdiri di kaki sendiri untuk mencukupi kebutuhan keluarga.

Perpaduan rasa gurih dan bumbu tradisional menjadikan Kelong goreng semakin ngangeni. Jika anda penasaran, bisa menghubungi Ibu Harini di nomor 081335413693. Penasaran anda akan segera terobati.

Komentar atas Mengintip Produksi Ikan Kelong Goreng "Golek Mulyo" yang Super Gurih

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Sirnoboyo

tampilkan dalam peta lebih besar