Jalan di RT 5/RW 2 Dusun Suruhan Bertabur Cat Warna Warni

Afid Burhanuddin 22 Oktober 2018 12:09:39 WIB

WARTA SIRNOBOYO | Senin, 22 Oktober 2018. Namanya Supangat. Sehari-hari, ia menjabat sebagai ketua RT 5/RW 2 di lingkungan Winongan. Dusun Suruhan. Desa Sirnoboyo. Sudah hampir sewindu. Ia mengabdi kepada masyarakat. Menjadi ketua RT.

RT 5 merupakan wilayah yang di dalamnya berdiri Mushola Al Barokah. Pusat akitifitas keagamaan warga. Sebagian besar warga RT 5 sudah menjadi warga Kampung Alba ini. Sebuah kampung imajiner. Tempat mengaji santri Taman Pendidikan Al Quran Mushola Al Barokah (TPA ALBA) Winongan Sirnoboyo Pacitan Jawa Timur.

Menjadi pemimpin pada lini paling ujung bukanlah hal mudah. Ada 75-an KK yang ia pimpin. Persoalan yang dihadapi lebih kompleks. Lebih head to head dengan warga. Maka, butuh strategi yang tepat. Perlu pendekatan. Harus kreatif. Juga inovatif. Semuanya dilakukannya, semata-mata demi warga.

Kali ini, inovasinya ditaburkan pada salah satu jalan di wilayahnya. Tentu, ia tidak sendiri. Warga mendukungnya. Mereka menghibahkan tenaganya. Untuk mengecat jalan. Ikhlas. Tanpa minta bayaran.

Jalan sepanjang  200-an meter itu. Warnanya tidak lagi homogen. Dominasi warna paving abu-abu sudah tidak terjadi. Menjadi lebih heterogen. Ada orange, hijau muda, kuning, biru, juga putih.

Agar kas RT lebih stabil. Ia menempuh strategi yang tepat. Yakni: menggandeng Rumah Zakat (https://www.rumahzakat.org/). Sebuah lembaga sosial yang bergerak untuk membantu masyarakat. Menjalankan program nirlaba. Tanpa memikirkan keuntungan. Juga royalti.

Dua program bersatu. Program RT 5 berpadu dengan program Rumah Zakat. Simbiosis mutualisme. Sama-sama untungnya. RT 5 hendak memperindah lingkungannya. Dan Rumah Zakat hendak membantu masyarakat melalui Program Desa Berdaya-nya. Jadilah paduan yang elegan.

Nyatanya, heterogen lebih indah dipandang ketimbang homogen. Indahnya seindah taburan warna di jalan itu. Jalan di Kampung ALBA.



Sumber: Publikasi TPA ALBA News

https://afidburhanuddin.wordpress.com/2018/10/22/jalan-warga-kampung-alba-bertabur-cat-warna-warni/#more-7483

Komentar atas Jalan di RT 5/RW 2 Dusun Suruhan Bertabur Cat Warna Warni

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Sirnoboyo

tampilkan dalam peta lebih besar