Manfaatkan Ruang Kosong di Balai Desa untuk Siaran Radio Komunitas

Arlisma Nur Aliffah 20 Oktober 2018 13:45:58 WIB

Warta Sirnoboyo | Sabtu, 20 Oktober 2018. Keberadaan radio di era serba-serbi internet dan media sosial sekarang ini semakin terabaikan. Banyaknya informasi yang menjadi asupan masyarakat mulai dari anak-anak, pemuda, orang dewasa bahkan usia lanjut kini dapat diakses dengan mudah hanya dengan sekali klik tombol "search".

Sebaliknya, media hiburan seperti televisi mengalami penurunan ketertarikan masyarakat pada era sekarang ini yang tergantikan dengan sebuah benda pipih yang praktis dibawa kemanapun dan kondisi apapun yang dikenal dengan handphone/ HP.

Sedangkan radio adalah salah satu dari media hiburan yang sifatnya hanya mengandalkan audio atau pendengaran tanpa adanya visual yang dapat dinikmati oleh mata kita. Radio ini diyakini kurang mendapat apresiasi oleh kalangan remaja tidak hanya di daerah kota tapi juga daerah pedesaan. Untuk mempertahankan eksistensi penggunaan radio sebagai sarana komunikasi untuk menyebarkan informasi, perlu adanya sebuah inovasi dalam penyiaran radio itu sendiri.

Perlu adanya perhatian khusus, seperti pengadaan ruang yang dapat digunakan untuk sebagai sarana penyebaran informasi melalui radio.

Seperti pada hari ini (20/10)Pemerintah Desa Sirnoboyo memanfaatkan ruang kosong yang berada di lantai dua Balai Desa Sirnoboyo sebagai tempat siaran radio yaitu Radio Komunitas Desa Sirnoboyo.

Menurut UU No 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran, Pasal 21 ayat 1 menyebutkan bahwa Lembaga Penyiaran Komunitas merupakan lembaga penyiaran yang berbentuk badan hukum Indonesia, didirikan oleh komunitas tertentu, bersifat independen dan tidak komersial, dengan daya pancar rendah, luas jangkauan wilayah terbatas, serta untuk melayani kepentingan komunitasnya.

Ruangan yang akan menjadi tempat siaran radio Desa Sirnoboyo ini berukuran 3X5 meter. Fasilitas yang cukup ini diharapkan mampu wadahi kegiatan radio yang bernama PAS FM ini.

Sebenarnya, siaran radio ini telah beroprasi sejak dulu hingga sekarang, namun kurang adanya perhatian yang menjadikan siaran harian ini vakun dan kurang terurus.

Dengan adanya perhatian Pemerintah Desa Sirnoboyo dengan memberikan ruang secara khusus untuk siaran radio, diharapkan Pemdes dapat menarik perhatian masyarakat khususnya Desa Sirnoboyo untuk dapat menikmati layanan informasi dan hiburan. Tidak hanya pihak Pemdes, para pemuda juga akan ikut berpartisipasi dalam membantu kegiatan tersebut.

 

 

 

 

Komentar atas Manfaatkan Ruang Kosong di Balai Desa untuk Siaran Radio Komunitas

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Sirnoboyo

tampilkan dalam peta lebih besar