Manfaatkan SID untuk Publikasi Program Desa

Gusis Widirahayu 20 Oktober 2018 13:11:22 WIB

Warta Sirnoboyo | Sabtu, 20 Oktober 2018. SID. Apa itu SID? SID merupakan sistem informasi desa. Ini bagian dari sistem berbasis komputer dalam bentuk aplikasi. Dalam era modern saat ini yaitu era milenial, teknologi informasi yang canggih memiliki peran penting untuk masyarakat dunia.

Dengan era kecanggihan saat ini, SID sangat membantu sebagai peran dalam memajukan desa. Sistem informasi desa atau SID sangat bermanfaat dalam pengelolaan informasi desa. Hal ini dapat membantu tugas aparatur desa dalam mengelola informasi seperti administrasi kependudukan, perencanaan, pelaporan, pengelolaan asset, pengelolaan anggaran dan layanan publik.

Peran SID ini sangat efektif dan efisien untuk membantu desa supaya lebih transparan. Transparan dalam hal ini yaitu desa mampu mengelola informasi dari kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh desa dan dapat diketahui atau diakses oleh masyarakat.

Penyajian informasi dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh desa dapat disajikan dengan website melalui SID. Dengan adanya website melalui SID, peningkatan kemajuan desa bisa dilakukan dengan mudah. Masyarakat dapat mengetahui segala informasi yang disajikan oleh desa dengan sejelas-jelasnya.

Hari ini (20/10), Desa Sirnoboyo bersama beberapa pemuda desa melaksanakan pelatihan SID. Hadir sebagai pembicara adalah Tika Dedy Prasetyo, M. Kom, dosen STKIP Pacitan. 

Pelatihan pemanfaatan SID atau sistem informasi desa adalah pelatihan untuk meningkatkan kemapuan SDM kontributor dalam mengunggah berita. Diharapkan dengan pelatihan ini, penggunaan SID di Desa Sirnoboyo dapat berkembang dengan baik untuk menyajikan pelayanan publik yang cepat, efektif, dan efisien. Target akhirnya, masyarakat mendapatkan informasi yang akurat.

Komentar atas Manfaatkan SID untuk Publikasi Program Desa

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Sirnoboyo

tampilkan dalam peta lebih besar