Belum Pudar, Semangat Gotorng Royong Warga RT 5/RW 2 Suruhan untuk Memperbaiki Mushola

Afid Burhanuddin 26 September 2018 11:28:16 WIB

Suara Sirnoboyo | Ahad, 16 September 2018. Belum pudar. Gotong royong belum pudar. Kerjasama masih membara. Membakar sekat-sekat perbedaan. Menyatukan tujuan.  Tujuan para warga Kampung Alba. Kampung tempat pada jamaah di Mushola Al Barokah berada. Tempat mengaji para santri Taman Pendidikan Al Quran Mushola Al Barokah (TPA ALBA) 

Baca:

 

Tepat jam 14.24 WIB (16/9/2018), empat gelondong kayu jati berdiameter rata-rata 30 cm telah teronggoh di pinggir jalan. Beberapa dahan dan rantingnyapun demikian. Sama teronggoknya. Dipinggir jalan juga. Jalan di kawasan RT 5/RW 2 Winongan Sirnoboyo, Pacitan, Jawa Timur. 

Sebelumnya, gelondongan kayu ini berdiri tegak. Sekitar duabelasan meter ke atas. Tinggi menjulang. Seperti menantang langit. Namun, kini ia roboh. Kalah dengan untain rantai chainsaw. Chainsaw? Apa itu? Disini kami menyebutnya senso. Gergaji Senso. Yang suaranya menggelegar. Lantang seperti kenalpot pesawat Sukhoi. Jati itu roboh. Menunggu dibelah-belah oleh mesin serkel, mesin penggergajian kayu.

Ia digotong oleh sebelas orang. Dua belas termasuk saya. Bedanya, saya hanya menggotong kamera. Bebannya lebih ringan. Tidak berkeringat. Meski sama-sama melakukan pekerjaan menggotong.

Pekerjaan mengabadikan ini sebetulnya bikin dilema. Membentur keras antara humanisme dengan profesionalisme. Inilah sebabnya mengapa jurnalis sering dibenci. Karena dianggap selalu mengedepankan pekerjaannya ketimbang membantu bekerja. Raja tega.

Kembali ke kayu jati …,

Beberapa waktu yang lalu, pemiliknya menghibahkannya kepada Takmir Mushola. Terserah mau digunakan untuk apa. Pokoknya untuk mushola. Kata empunya. Sebut saja, Hamba Allah namanya.

Hamba Allah ini adalah alumni. Alumni ngaji di Mushola Al Barokah. Ia memiliki lahan di komplek ini. Amanahnya, pohon jatinya untuk mushola.

Mendengar berita itu, Ketua Takmir Mushola riang bukan kepalang. Mimpinya, juga mimpi warga untuk mengganti jendela lapuk ada di depan mata. Lapuk karena usia.

Lalu, kapan jadinya? Sepertinya harus menunggu rampungnya pekerjaan pembangunan tempat wudhu syar’i dan toilet sehat. Yang sekarang masih dikerjakan oleh para warga. Warga Kampung ALBA. Dengan gotong royong juga. Yang belum pudar juga.

________

Afid Burhanuddin
Pengajar di TPA ALBA

Sumber tulisan: klik di sini   

Baca juga:

Komentar atas Belum Pudar, Semangat Gotorng Royong Warga RT 5/RW 2 Suruhan untuk Memperbaiki Mushola

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Sirnoboyo

tampilkan dalam peta lebih besar