Pelatihan deteksi dini Balita Stunting dan ibu Hamil KEK

MB, DA 04 Juni 2022 12:27:10 WIB

Pacitan - Penggiat Kesehatan desa Sirnoboyo lakukan Pelatihan Deteksi Dini Balita Stunting dan Ibu Hamil KEK pada Kamis (02/06/22) bersama Petugas Kesehatan desa Sirnoboyo.

Kepala desa Sirnoboyo menuturkan bahwa mendukung secara penuh kegiatan terkait dengan kesehatan masyarakat desa Sirnoboyo.

"Seperti yang kita tahu, stunting merupakan hal yang perlu kita perhatikan dan sangat perlu dicegah. Stunting dapat menyebabkan penurunan kualitas generasi penerus seperti yang kita tahu selama ini, oleh karena itu sosialisasi seperti ini perlu dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan ibu-ibu dan penggiat kesehatan desa Sirnoboyo supaya stunting dapat diminimalisir dan diatasi dengan baik" ujar bapak Eko selaku Kepala Desa Sirnoboyo

Selain itu Ibu Suparti selaku Alhi Gizi dari Puskermas Pacitan juga menuturkan bahwa stunting merupakan hal yang sangat perlu diperhatikan oleh ibu-ibu ataupun penggiat kesehatan di desa Sirnoboyo.

"Stunting sangat berdampak buruk bagi kecerdasan anak, dari gizi saja sudah kurang apalagi kecerdasannya serta tingkat produktivitas anak pun juga sangat berkurang tidak seperti anak sebayanya yang sehat, anak menjadi tidak bertenaga dalam menjalankan aktivitas sehari-harinya" ujarnya

Menggunakan indikator Pertumbuhan Anak (TB/U) ibu-ibu peserta pelatihan mencoba untuk menganalisis dan mempraktekkan kondisi kesehatan gizi anak yang baik dan buruk melalui grafik yang disediakan dengan didampingi oleh ibu Suparti.

Dengan diketahuinya indikator pertumbuhan anak yang baik ataupu buruk maka peserta pelatihan dianjurkan memberikan pemenuhan gizi bagi anak mulai dari balita agar stunting dapat dicegah.

Oleh karena itu pemenuhan gizi oleh ibunda merupakan hal yang sangat penting bagi pertumbuh kembangan anak agar tidak mengalami stunting seperti pemberian ASI eksklusif secara penuh bagi balita, tambahnya.

Didampingi oleh budan desa Sirnoboyo kegiatan tersebut berjalan dengan aktif, interaktif, dan lancar. Kegiatan deteksi dini balita stunting diikuti oleh ibu-ibu penggiat kesehatan seperti posyandu yang terwakilkan dari seluruh dusun di desa Sirnoboyo.

Dengan terselenggaranya kegiatan tersebut diharapkan seluruh warga masyarakat desa Sirnoboyo tanggap dalam mengatasi atau mencegah terjadinya stunting pada anak.

Komentar atas Pelatihan deteksi dini Balita Stunting dan ibu Hamil KEK

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Sirnoboyo

tampilkan dalam peta lebih besar